Tuesday, September 27, 2011

TRIPLE CHOCOLATE MOUSSE CAKE


Hari Sabtu kemarin, Nadhifa sudah membaik, demamnya sudah turun. Hanya saja ternyata keluar tampek di badannya. Mungkin badannya sedang proses detoksifikasi setelah demam tinggi. Rewelnya minta ampun. Pesanan sampai dengan hari Senin saya cancel dan Alhamdulillah gak ada pesanan birthday cake or special occasion cake. Hanya pesanan cake, pudding dan klappertaart untuk konsumsi sendiri, jadi customer tidak keberatan klo pesanannya dicancel atau diundur ke lain hari. Terima kasih ya…

Hari Minggunya Abi mau pulang dari luar kota, setelah tugas beberapa hari di Bali. Akhirnya Sabtu malam setelah Nadhifa tidur saya membuat cake coklat (belum tau mau dibikin apa nanti cake coklatnya yang penting bikin dulu). Kebetulan sedang gak ada persediaan keju, cream cheese, dsb. Yang ada cuma coklat dan whip cream. Telur pun tinggal 5 butir yang dipakai untuk membuat cake. Akhirnya sambil manggang cake sambil mikir mau bikin apa dan mengandalkan my best buddy ‘Google’, hehee… Okay, saya putuskan bikin triple chocolate mousse cake (TCMC) saja, dengan menggunakan eggless chocolate mousse alias mousse yang tidak menggunakan telur (karena memang sudah tidak punya stok telur).

Banyak foodie blogger yang menggunakan resep dari Cook’s Illustrated yang disebarkan ‘virus’-nya oleh Annie’s Eats. Basecakenya menggunakan flourless chocolate cake. Tapi saya kemudian memutuskan mengadaptasi dari Irina’s site di New York (www.pastrypal.com), her TCMC’s looks so stunning!
Tapi tetap saya membuatnya dengan versi saya. Menggunakan chocolate sponge cake yang saya buat tadi dan saya buat 2 layers untuk bagian dasar dan bagian paling atas. Cakenya tidak terlalu manis, jadi pas dikombinasikan dengan mousse yang manis.
Begitu juga dengan mousse-nya, takaran bahan-bahannya saya rubah sedikit.

Disebut ‘triple’ karena layernya terdiri dari 3 layers coklat yaitu, dark chocolate cake, dark chocolate mousse dan white chocolate mousse. Klo mau bisa juga divariasikan mousse-nya menjadi 3 bagian, misalnya dark chocolate mousse, coffee chocolate mousse dan white chocolate mousse. Jadi masing2 layernya menjadi lebih tipis dari yang saya buat ini. Terserah kreasi Anda :)
Bila ingin melihat TCMC yang Irina buat, bisa dilihat disini.



TRIPLE CHOCOLATE MOUSSE CAKE
By Ricke Indriani

Dark Chocolate Cake
Bahan:
5 butir telur
75 gram gula pasir
1 sdt cake emulsifier
½ sdt vanilla

70 gram terigu all purpose (protein sedang)
30 gram coklat bubuk
10 gram maizena
1 sdm susu bubuk
---> Campur dan ayak

50 gram butter/margarin
40 gram dark chocolate, cincang
---> Lelehkan bersama dan aduk rata

1 sdt pasta coklat (optional)

Cara membuat:
Siapkan loyang bulat ukuran 22 cm. Alasi bagian bawahnya dengan kertas roti/baking paper. Oles mentega. Sisihkan.
Panaskan oven 180’C.
Cara 1: Metode all in one. Campur semua bahan jadi satu kecuali campuran butter/margarine-dark chocolate dan pasta coklat. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang, kental dan berjejak. Sekitar 20 menit. Masukkan campuran butter-dark chocolate dan pasta coklat. Aduk balik merata. Tuang ke dalam loyang. Panggang sampai matang sekitar 30-35 menit.
Cara 2: Pengocokan seperti membuat sponge cake biasa. Telur, gula pasir dan emulsifier dikocok terlebih dahulu sampai mengembang kental dan ‘jambul petruk’. Baru masukkan bahan kering, aduk rata. Masukkan campuran butter/margarine-dark chocolate dan pasta coklat. Aduk balik merata. Tuang ke dalam loyang. Panggang sampai matang sekitar 30-35 menit.

Dark Chocolate Mousse
Bahan:
110 gram susu cair (ditimbang)
5 gram gelatin bubuk
2 sdm air
175 gram dark chocolate, cincang
300 gram non dairy whip cream dingin (jika dari whip cream bubuk bisa dibuat dari 100 gram whip cream bubuk + 200 ml air es)

White Chocolate Mousse
Bahan:
110 gram susu cair (ditimbang)
5 gram gelatin bubuk
2 sdm air
175 gram white chocolate, cincang
300 gram non dairy whip cream dingin (jika dari whip cream bubuk bisa dibuat dari 100 gram whip cream bubuk + 200 ml air es)

Cara membuat:
Dark chocolate mousse:
Larutkan gelatin dengan 2 sdm air, aduk rata. Diamkan. Gelatin akan menyerap air dan membentuk gel. Sisihkan.
Panaskan susu cair dengan api kecil, cukup sampai terlihat bagian pinggirnya mulai mendidih. Matikan api. Masukkan gelatin. Aduk rata dengan hand whisk sampai gelatin benar-benar larut.
Taruh dark chocolate cincang dalam wadah agak besar. Tuangi susu panas. Diamkan hingga coklat terlihat meleleh. Aduk hingga tercampur rata. Sisihkan. Jaga tetap hangat kuku.
Kocok whip cream hingga setengah kaku (soft peak). Campurkan bertahap ke dalam campuran coklat. Aduk rata.

Siapkan loyang ring bulat diameter 20 cm, atau loyang bongkar pasang (springform) diameter 20 cm.
Trim bagian atas cake yang berkulit supaya rata. Belah cake menjadi 2 bagian.
Letakkan selembar cake pada dasar ring/loyang. Basahi dengan simple syrup (supaya lembab). Tuangi dark chocolate mousse, ratakan. Simpan di freezer supaya set.

Buat white chocolate mousse dengan cara yang sama. Tuang di atas lapisan dark chocolate mousse. Ratakan. Tutup dengan selembar cake lagi. Basahi dengan simple syrup. Simpan kembali di freezer.

Chocolate Glaze:
115 gram dark chocolate, cincang
80 gram whip cream cair
3 sdm madu atau light corn syrup
1 sdm vegetable oil/minyak goreng

Cara membuat:
Panaskan whip cream. Matikan api. Masukkan dark chocolate cincang, aduk hingga coklat meleleh semua dan tercampur rata. Masukkan madu dan vegetable oil. Aduk rata. Tuang di atas cake. Ratakan. Simpan kembali di freezer. Bekukan minimal 2,5 – 4 jam. Baru dikeluarkan dari ring/loyang. Sajikan dingin.


Buat keperluan pemotretan (halah! gaya :p) saya kasih ornamen coklat di atasnya, kebetulan di rumah memang suka ada stok ornamen coklat sewaktu-waktu diperlukan klo ada pesanan. Cuma 'dipinjem' aja sebentar, selesai motret trus diambil lagi, qiqiqiiiii... :p

Kebetulan besoknya (hari Minggu) Mba Ulin dan keluarganya mengabari klo mau mampir ke Serang, sekalian mau anter pesanan barang ke Cilegon. Wah, untung semalam bikin cake. Jadi ada yang dijadikan suguhan. Kasihan kan klo udah datang jauh dari Depok trus Cuma disuguhi air putih, xixiixiii… Udah gitu kasih taunya mendadak pula, pas mau berangkat baru sms. Jadi judulnya kemarin makan beratnya bakso (beli bukan bikin, soalnya gak sempet masak) dan ditutup dengan dessert TCMC ini. Guayaaaa benerrrr… :D

32 comments:

athir said...

kakak...mau...
Nanti klo sy jalan2 ke jakarta pesan yg ini ya kak :)

Ricke said...

Athir: Makasih sudah mampir ya de'. Saya lokasinya bukan di Jakarta, tapi di Serang, Banten. Sekitar 1.5 jam dari Jakarta ^__^
Hayuk klo mau mampir ;)

Anonymous said...

yak ampun bun, mupeng banget liatnya. kapan yah bisa ngerasain cake buatanmu bun...

Yetty Pramono said...

Bun, latbar buat cake ini yuuuukkkk....sampe ngeces nih. kabita pisan....

Ricke Indriani said...

@ Anonymous: Yuk main ke Serang ;)

@ Yetty: Hehehee... Aku mau aja Mba klo diundang ke Jkt buat latbar bikin cake chocolate dan dekorasi coklat. Asal pas waktunya aja, hehee...

Anonymous said...

ass. mba kuenya cantik sekali, aku minta resepnya yah buat dicoba...pinggiran cakenya dihias pakai apa itu mba? trims

Anonymous said...

lapor bun, kemarin bikin cake ini ditengah keterbatasan bahan dan alat (maklum kota kecil)..udah ubek2 tbk gak ada yang jual gelatin, googling katanya bisa diganti ma agar2...dicoba deh...gak punya wcc, ganti ma capucino sachet (hihih),,,gk punya loyang bongpas pakai mika...nekad pokoknya ni kue harus jadi,,,[penasaran ma cream en lelehan coklatnya..ternyata oh ternyata emang lekker. Sampai2 anakku bilang kue es krimnya minta lagi bu....gak sabar nunggu set di kulkas dihajar bae....pas motongnya berantakan...

shinta said...

assalam.bunda,aq coba resep ini yaa...klo g ada gelatin bubuk trus bisa diganti yg lain g bun?

Fitria said...

Aslm. Bun, aku sudah coba resep ini dengan loyang 20cm. Ternyata kalau pakai 1 resep mousse lapisannya tuinggi banget, jdnya pakai masing2 setengah resep baru oke.

Cuma mau tanya kok moussenya lembut bgt, spt kurang kokoh.. jd seperti ganache oles gitu. Salahku dimana ya Bun?

Terima kasih pencerahannya :)

Unknown said...

Q dah coba td malem bikin bun, tp cm separuh porsi, tu jg lom dimaem, gua tambahin kocokan telur putih kocok uga jd gak tau rasanya gimana ea...soalnya br ntar malem dipotongnya buat majikan q xg lg ultah xixixi

Anonymous said...

sayaa mw nanyakk...
selain geLatin bisa pakai apa lagi ya mbak???
soal nya kan geLatin itu Haram.

makassiiiihhhh

Ricke Indriani said...

Alhamdulillah. Salam untuk keluarga ya :)

Ricke Indriani said...

Salam :)
Pinggirannya pakai pagar coklat yg dibuat melingkari cakenya.

Ricke Indriani said...

Wa'alaikumsalaam. Klo hanya bikin untuk keluarga, bisa diskip saja Mba. hanya saja tekstur moussenya menjadi lebih lembek dan kurang kokoh.

Ricke Indriani said...

Wa'alaikumsalaam. Pakai gelatine gak? Dan dibekukannya berapa lama? Mungkin saja belum terlalu set sudah dipotong.

Ricke Indriani said...

So how's the cake Mba Caca?

Ricke Indriani said...

Dengan Mba siapa ini? :)
Siapa bilang gelatine haram Mba? Klo haram sudah tentu saya gak akan pake dan tidak akan saya sertakan dalam resep, karena saya pun seorang Muslim yg tidak boleh mengkonsumsi barang yg diharamkan.

Gelatin itu bahan gel kering yg berasal dari jaringan tulang binatang, nah yg perlu diperhatikan adalah tulang binatang apakah? Di Indonesia, utk produk gelatine bubuk yg digunakan untuk produk pangan yg beredar adalah gelatine tulang sapi dan sebagian kecil ada juga gelatine tulang ikan. Produk import yg masuk pun seperti Gelita itu sudah mempunyai sertifikat Halal Australia. Sedangkan produk dalam negeri yg bersertifikasi halal MUI ada produk Kalima Gelatine dan Green Field. Baru itu yg beberapa merk yg saya tau.
Klo beli di toko bahan kue, Mba bisa tanya kepada pihak toko merk gelatinenya apa, karena gelatinenya sudah dikemas/repack ke kemasan kecil2 oleh tokonya. Karena kemasan gelatine rata2 ukuran besar memakai karung, label Halalnya ada di kemasan besarnya.
Salam :)

Anonymous said...

Saya sangat suka sekali dgn semua kue buatan mba....ijin nyoba resepnya yah mba,krn semua kue saya resepnya dari mba dan belajar dari mba.....salam kenal yah mba riecke....smoga usaha mba makin maju yah....tetap sehat and terima kasih.... :)

tatiatang said...

mba mau numpang tanya.. itu kalo mau nambahin rum di mousse ato cake nya bisa ato ngga yah? trs kalo bisa takeran seberapa? =)
sama kalo mau ngurangin rasa creamy nya bisa dgn cara gmn ya?
thx before

Ricke Indriani said...

Mba Anonymous (gak tau namanya, hehee...), aamiin. Terimakasih :)

Tatiatang, bisa aja Mba. Tapi maaf saya pribadi memang tidak menggunakan Rhum jadi tidak tau takarannya segimana :)
cake ini memang creamy, kan namanya juga mousse cake.

Anonymous said...

salam kenal mbak

mbak mau tnya kok saya kalau lelehkan coklat selalu gagal yah. jadi coklat cooking saya potong taruh mangkok..stlah itu dipa.ci saya ksh air Dan mendidhkan bersama mangkuk coklat td. Dan jdnya mengental. sama ini mbak didkt tmpt tgal saya adanya gelatin yg bntuk cream /gel gitu.. apa bisa..

saya ingjn coba ajak anak anak membuat cake..saya sndiri blm pnh sih nbak. baru buat donat aja..



terima kasih yah mbak

Anonymous said...

Ass...bu Rieke

Saya Zakia, boleh minta resepnya gk?mau cb bikin dirumah, soalnya kl harus liat dr online begini gk bisa, dirmhku agak terpencil low signal internet.
Makasih

Trisna Cakes said...

Assalamu'alaikum...
teh Ricke ijin catet resepnya ya..mau coba bikin
terimakasih

Anonymous said...

assalamu'alaikum wr.wb.

saya mau tanya...setelah masukkin white chocolate moussenya apakah harus di masukkan ke dalam freezer dulu baru di letakkan cake di atasnya atau langsung saja di letakkan cake baru masukkan ke freezer????

ABCD said...

Salam kennel Mbak Ricke,aq barusan bikin TCMC ini Mbak pake loyang bongpas tapi disekelilingnya aq pakein mika trus disetinnya kira2 brp jam atw mesti semalaman?Rencana bsk pagi tinggal difinishing aja.Itu Mbak waktu semua mousenya udh dituang kira2 1 1/2 jam Loyang bongpasnya aq lepas itu gak pa2 Mbak?mikanya sih kokoh gak pa2 gak meleyot2.Mohon pencerahannya Mbak.Maaf jga klo kepanjangan nanyanya

Unknown said...

pengen nyoba nih,.. butuh bimbingan :D

Cooking with Heart said...

Aslkm wr wb mb Ricke yg cantik, salam kenal ya, saya Ruly sesama baker. Kagum sekali dengan keahlian mb Ricke, kue2nya cantik, rapih, dan menarik minat. hehehe. Blog nya juga keren banget. Mau minta ijin untuk mencoba resep2nya, apakah boleh? trima masih banyak ya Mbak.

Unknown said...

mlm mbk
aq mau intip2 resep kuenya y
cantik2 bgt cake2 nya

Unknown said...

Mbak Rieke... Aduh duh... Sy ngiler sm kue kue bikinan Mbak... Udah beberapa resep dicoba.. Hihi... Gak ijin lbh dulu... Kmrn sy sempat bikin rainbow cake... Tp sy cetak ke cupcake... Hasilnya oke kata yang pesan... (Rasanya) tp kl cupcakenya sendiri sy msh blm puas hasilnya. Sbb ktk di oven ngedome banget tp ktk di luar, turun perlahan.. Mmg msh ngedome sih... Tp g sebgs di dlm oven. Kira2 di mnnya ya Mbak yg salah? Perasa sy udh ikutin resep Mbak Rieke step by stepnya...

Yg kedua chocolate truffle cake... Hm.... Jgn ditny soal rasa.... Cuocok bgt sm anak2... Bikin 1 resep g berthn setengah hari.... Tp Mbak... Bikinan sy trufflenya kok rada lembek ya.... Ktika dituang ke atas cake apakah teksturnya encer bgt atau kental Mbak? Lalu misalkn bikin hari ini benar ya baru bisa dimakan besoknya? Atau bikin malam baru di mkan paginya?

Trims banget ya Mbak.... Lg proses belajar per-baking-an.... Dan pas banget dapet blog Mbak Rieke... Hehe

Unknown said...

Mba.. gelatin itu mahal :( bisa ga diganti agar2 aja?

Unknown said...

Anneyeong Unni..
Makasi banget untuk ilmunya ya Ricke Unni, byk belajar hari ini..
Happy Baking Unni, Salam untuk Nadhifa imut. hehehe

nyla zahir said...

bun ricke mau tanya donk,knp ya saya buat TCMC tapi dark chocolate n white chocolate mousse nya malah seperti puding?

Post a Comment