Tuesday, February 22, 2011

ROLL IT UP!: BLACK FOREST ROLL ^_^



Niiiihhhhh, yang dari kemarin-kemarin pada nagih resepnya BF roll yang kemarin ini aku buat. Baru sekarang sempat upload dan tulis resepnya, harap maklum ya teman-teman :)

BF roll ini aku buat beberapa hari yang lalu. Di sela2 manggang adonan kue untuk pesanan, disempatin bikin cake ini buat teman minum teh sore hari sambil melepas lelah sejenak (halah, kayak habis nguli ajah, qiqiqiiii...). Nadhifa juga udah ribut aja minta emam kueh katanya.

Ukuran rollnya gak terlalu besar, jadi cocok buat salah satu sajian arisan atau isian snack box. Kemarin hanya aku buat 1/2 resep aja (menggunakan 6 telur) untuk loyang ukuran 24x24x4 cm. Soalnya di rumah juga cuma bertiga aja, biar cepet habis, hehehhh...
Klo mau 1 resep jadinya 2 loyang ukuran 24x24x4 cm atau 1 loyang ukuran 32x32x4 cm jadinya lebih besar.

Ini resep yang full 1 resep yaaa... Kemarin cuma bikin 1/2 resep di bawah ini.



Black Forest Roll
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
12 kuning telur
6 putih telur
125 gram gua pasir
1 sdm emulsifier (optional) ~ skip bila tidak ada tapi pastikan telurnya dikocok sampai benar-benar kental dan berjejak
2 sdm air (jangan diskip, ini membuat cake jadi moist dan lebih lentur)
50 gram terigu protein sedang/all purpose
10 gram maizena
40 gram coklat bubuk (aku pakai Tulip Bordeaux) ~ warna coklat bubuk juga mempengaruhi kepekatan warna coklat dari cakenya
20 gram susu bubuk
1/4 sdt baking powder
1 sdt pasta black forest/coklat (optional) ~ skip bila tidak ada
100 gram margarin+30 gram butter, lelehkan dan dinginkan (boleh full butter/margarin)
Selai strawberry/blueberry untuk filling
Buttercream/whipcream untuk olesan
Dark cooking chocolate (DCC) serut untuk topping
Cherry merah untuk garnish

2 buah loyang kotak ukuran 24x24x4 cm
atau
1 buah loyang ukuran 32x32x4 cm

1. Siapkan loyang. Alasi bagian bawahnya dengan kertas roti dan olesi dengan mentega. Sisihkan. Panaskan oven 190'C.
2. Campur dan ayak terigu, maizena, coklat bubuk, susu bubuk dan baking powder. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier, dan air hingga mengembang, kental, pucat dan berjejak (adonan telur akan membentuk pita bertumpuk jika dijatuhkan). Masukan pasta black forest. Kocok rata.
4. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dengan spatula atau gunakan mixer kecepatan paling rendah sampai habis. Aduk rata hingga ke bagian pinggiran baskom.
5. Masukkan maragrin+butter leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk balik dengan spatula hingga benar-benar merata dan homogen. Pastikan tidak ada sedikitun margarin/butter yang belum tercampur karena bisa menyebabkan bantat!
6. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Panggang dalam oven 20-25 menit hingga permukaannya kecoklatan dan berkulit tetapi masih lentur jika disentuh. Jangan terlalu lama memanggang karena permukaan cake akan kering dan pecah/retak saat digulung. Angkat.

Penyelesaian:
1. Siapkan selembar serbet bersih, alasi dengan kertas roti yg ukurannya lebih besar dari ukuran cake.
2. Dalam keadaan cake masih panas, balikkan cake ke atas kertas roti yg baru tadi, kelupas kertas roti yg menempel pada cake. Untuk membantu melenturkan gulungan, kerat-kerat tipis cake dengan pisau sejajar dengan arah gulungan. Segera gulung cake sambil dipadatkan dengan bantuan serbet dan kertas rotinya. biarkan tergulung dan terbungkus kertas roti sampai agak dingin/hangat.
3. Buka kembali gulungan dengan perlahan, oles selai/filling secukupnya. Gulung kembali dengan rapi. Biarkan hingga benar-benar dingin. Potong dan rapikan kedua ujungnya. Oles seluruh permukaan cake dengan buttercream/whipcream. Beri dark coklat serut. Hias dengan cherry merah.
Alternatif lain bisa disiram dengan coating chocolate cair, baru diberi hiasan cherry merah.

Selamat mencoba! ^_^

No comments:

Post a Comment