Monday, August 10, 2009

PANDAN CAKE



Hari Sabtu pagi pengen makan cake pandan, sekalian buat sarapan. Tadinya mau bikin chiffon cake, tapi di rumah Mama loyang chiffonnya rusak dan penyok jadi bocor kalo dipakai (lagi weekend di rumah Mama). Ya udah bikin sponge cake pandan ajah. Nemu resep ini di blognya Mba Vania, sourcenya dari Femina. Cuma air perasan daun suji dan daun pandan aku skip dan diganti dengan pasta pandan. Karena masih ada sisa santan, aku bikin vla aja truz jadinya pandan layer cake deh, dengan lapisan vla santan yg gurih.

Bahan:
- 25 lembar daun suji+4 lembar daun pandan+50 ml air (aku skip dg 1 sdm pasta pandan)
- 125 ml santan dari ½ butir kelapa
- 50 gram margarin, lelehkan
- 6 butir telur
- 225 gram gula pasir
- 1 sdt cake emulsifier (di resep asli gak pakai)
- 250 gram terigu (aku pakai yg all purpose)
- 1 sdt baking powder
- ½ sdt baking soda
- 50 gram kenari cincang (aku gak pakai)

Cara membuat:
- Tumbuk daun suji dan daun pandan, masukkan air, peras dan saring. Buang ampasnya.
- Masukkan air perasan daun suji ke dalam santan (versi aku: masukkan pasta pandan ke dalam santan). Aduk rata, campur dg margarin leleh, aduk kembali hingga rata. Sisihkan.
- Kocok telur, gula dan cake emulsifier hingga mengembang dan pucat (putih). Sisihkan.
- Campur terigu, baking powder dan baking soda hingga rata (lebih bagus sambil diayak). Masukkan sebagian ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit bergantian dg larutan santan. Aduk rata. Masukkan kenari cincang (aku gak pakai). Aduk rata.
- Tuang ke dalam loyang bulat diameter 22 cm yg sudah dioles mentega dan ditaburi tepung terigu (aku pakai loyang persegi ukuran 20x20 cm).
- Panggang dalam oven dg suhu 180’Celcius selama 60 menit (sambil ditengok-tengok ya takut gosong, hihiii…). Angkat, potong-potong dan sajikan.

Setelah matang cake aku belah dua bagian dan dioles vla santan, kemudian ditumpuk kembali, biarkan dingin hingga vla membeku dan lapisannya merekat lalu potong-potong. Aroma dan rasa pandan berpadu dg gurihnya santan, hmmmm…mantapsss! ^_^

No comments:

Post a Comment