Saturday, July 23, 2011

SUPER FUDGY BROWNIES


Something delicious to satisfy my sweet tooth...

Super fudgy brownies.

Crispy outside, fudgy and chewy inside.

So classic!

Need no mixer, just make the batter with your hand whisk :)

Here's the recipe...


Super Fudgy Brownies

Bahan:
120 gram unsalted butter
130 gram terigu protein sedang/all purpose flour
30 gram coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
225 gram dark cooking chocolate, cincang
250 gram gula pasir halus (gula kastor)
3 butir telur ukuran besar

Taburan (optional):
Almond slice/kenari cincang/chocolate chips, dll

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180'C. Olesi loyang dengan mentega dan alasi dengan kertas roti. Oles kembali dengan mentega. Pada bagian sisi-sisi loyang lebihkan sedikit kertas rotinya sekitar 1 cm (fungsinya untuk mengangkat brownies keluar dari loyang). Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Sisihkan.
3. Lelehkan butter. Masukkan dark cooking chocolate. Aduk-aduk hingga coklat meleleh dan tercampur rata dan licin. Angkat.
4. Masukkan gula pasir halus. Aduk rata dengan whisker hingga gula terlihat menyatu dengan coklat. Masukkan telur. Aduk rata kembali hingga rata dan lembut. Masukkan campuran terigu. Aduk rata hanya sampai tepung sudah merata dan tidak terlihat lagi. Jangan diaduk terlalu lama!
5. Tuang ke dalam loyang. Ratakan permukaannya. Beri taburan kacang-kacangan dan chocolate chips bila suka. Panggang dalam oven sampai matang sekitar 50 menit. Test sentuh permukaan bagian tengahnya sudah kokoh bila ditekan dan akan terbentuk lapisan 'shiny crust' khas brownies. Test tusuk bila perlu.
6. Keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 30 menit dalam loyang. Keluarkan dengan cara mengangkat kelebihan kertas roti di sisi loyang. Dinginkan di rak kawat. Potong-potong sesuai selera.

Note: Untuk membuat melted brownies, saya menambahkan couverture chocolate kepingan atau batangan yg dicincang. Tuang 1/2 bagian adonan ke loyang, tata coklat couverture. Tuang kembali sisa adonan. Panggang.

Enjoy! ^__^

16 comments:

Bunda Asa said...

mba ijin copas resepnya...boleh??

'lam kenal

Dapur Avilla said...

bunda, saya kok setiap bikin brownies gak pernah ada lapisan shinynya ya? kira2 salahnya dimana ya bunda? makasih sebelumnya

Anonymous said...

Mba Ricke pernah coba kurangin gulanya nda? saya sering buat brownies dengan resep ini tapi agak dimodif dikit, antara lain gulanya dikurangi sampai kurang dari setengah resep dan coklatnya ditambahkan jadi 250gr. ini jadi brownies fave teman2x yg suka order krn coklatnya lebih trasa tapi manisnya tidak sampe bikin sakit kepala :)

Ricke Indriani said...

Bunda Asa: Silahkan Mba, semoga bermanfaat ya :)

Avilla Kitchen: Kenapa ya... Saya juga kurang tau Mba, biasanya klo bikin brownies dg takaran gula dan coklat yg banyak memang suka terbentuk shiny crust-nya Mba.

Anonymous: Saya sudah cocok Mba, alhamdulillah customer saya suka semua dan belum pernah ada yg sakit kepala, hehehee... American brownies malah gulanya hampir setengah kilo Mba :D
Brownies setelah diinapkan semalaman paling enak disantap, rasa manisnya berkurang dan rasa coklatnya lebih keluar dan menonjol. Thanks buat sarannya ya. Sukses selalu :)

Risma said...

Mba.. izin copy resepnya ya..
Panggangnya dengan api bawah aja ya mba?
Kalo untuk mengeringkan bagian atasnya, apa perlu menggunakan api atas?
Thanks..

umi ryu said...

mba ricke yg enak untuk resep ini pakai butter merek apa ya kemarin saya bikin pakai orchid yang salted setengah dan wisma setengah krn yg ada dirumah cuma itu , hasilnya wangi banget dan enak tapi krn mo dijual pengin cr yg murah butternya tp ttp wangi kasih saran dong mba ...tks

Eva said...

salam kenal mba, mau tanya nih klo unsulted butter itu apa ya? apa mentega biasa spt simas n blueband atau mentega putih kan tawar, terus klo coklat couverture tu apa?? dan ini untuk ukuran rsep loyang berapa?? mohon bantuannya.mksh

ventea said...

assalam.bunda,salam kenal ya..aq ijin copas resep2nya ya bunda :)..tapi aq ada masalah dikit waktu buat brownies ini bunda,kenapa ya waktu udah matang dan aq kluarin dari oven kok bagian tengahnya amblek jadi bentuk cekung gitu?tolong infonya ya bun...tengkyu :).wassalam

Dedi Wijaya said...

waduh, ini brownies bikin ngiler aja, trims atas resepnya, saya cobain ya. mbak, saya mau tanya, kenapa cake yg awalnya mengembang, setelah diangkat dan didinginkan cake jd menurun?? bagi tahu ya. trims.

fanha_mommy said...

Salam kenal mba, saya izin nyontek n praketekin resep2 kuenya boleh ya..? saya berdomisili di sydney n skrg buka usha kcl2an jualan makanan khas kota kelahiran palembang n pengen jg nyoba buat kue. Thanks for sharing ur knowldege, hope Allah SWT always give u a happines. amin...

imelda van hoek said...

Mba Ricke,sy udah pernah coba resep ini dan sy biarkan semalam. Asli enak dan manisx udah pas di lidahku. Nih pingin buat lagi hihihi

DG said...

Thanks ya Mba Ricke buat resepnya. Udah dicoba dan suka banget. :)

Unknown said...

assalamualaikum. saya eni di Rangkasbitung banten...minta ijin nyontek resep2nya ya mbak....

Unknown said...

assalamualaikum. salam kenal, saya eni di Rangkasbitung, minta ijin nyontek resepnya ya mbak. heeeee...

Unknown said...

mbaa...aq suka liat blog mba... ijin copas resep2nya yaaaa... boleh ya... :) skalian aq praktekkin bikinx..maklum pendatang baru di kitchen...:) salam kenal..

nee's life here past and future said...

mba Ricke ijin catet resep dan coba bikin ah...terimakasih

Post a Comment