Wednesday, May 4, 2011

BOLU GULUNG EKONOMIS


Masih berani menaklukan si bolgul alias bolu gulung?? ;)

Sebenarnya bolgul ini pesanan seorang teman, tapi saya share resepnya jadi saya masukkan di album ini saja :)

Bolu gulung ini bisa dibilang versi ekonomis karena telurnya lebih irit dari resep-resep bolgul yg kebanyakan menggunakan kuning telur dalam jumlah yg banyak yg selain bertujuan agar rasanya lebih enak, tekstur lebih lembut juga agar lebih lentur digulung.
Tapi... Bukan berarti kita gak bisa membuat bolu gulung dg telur yg lebih irit lho... ;)
Asal dilakukan dengan baik dan benar, penampilannya gak kalah cantik dengan bolgul yg banyak kuning telur kan? :)
Klo soal tekstur tentu berbeda dg bolgul yg menggunakan banyak kuning telur, tapi soal rasa bisa kita buat tetap enak :)

Saya menggunakan metode mengocok all in one, yaitu semua bahan kecuali mentega cair dikocok jadi satu dengan speed tinggi hingga mengembang, kental dan putih. Baru dimasukkan mentega cair. Selain ekonomis, praktis juga kan? ;)

Mengocok dg metode all in one ini akan membuat tekstur bolu gulungnya lebih berpori halus, jadi tidak terlalu spongy seperti spongecake biasa, walaupun hanya menggunakan telur utuh saja.


Bolu Gulung Ekonomis ala Ordinary Kitchen
by Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani

Bahan:
6 butir telur utuh (gunakan telur yg fresh, putih telur masih kental dan kuning telur masih utuh dan bagus)
90 gram gula pasir halus (gula kastor)
1 sdm cake emulsifier
70 gram terigu protein sedang/all purpose
10 gram maizena
10 gram susu bubuk
1 sdt vanilla essence (saya pakai vanilla susu L'Arome)
125 gram mentega, lelehkan dan dinginkan

Loyang:
1 buah 30x30x4 cm
atau
2 buah 22x22x4 cm

Cara membuat:
1. Siapkan loyang, olesi dasarnya dengan margarin/minyak loyang, alasi dengan kertas roti/baking paper. Oles lagi dengan margarin/minyak loyang. Sisihkan.
2. Ayak terigu, maizena dan susu bubuk dan campur semua bahan jadi satu kecuali mentega cair. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, kental dan putih (cek kekentalan dg mengangkat mixer, adonan akan jatuh perlahan, tidak encer).
3. Masukkan mentega cair, aduk balik dengan spatula karet hingga merata dan homogen.
4. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Panggang dalam oven yg sudah dipanaskan 200'C (api besar) sampai matang dan permukaan berkulit kecoklatan dan cukup kering bila disentuh.
5. Keluarkan dari loyang dan dinginkan. Beri filling sesuai selera dan gulung sambil dipadatkan.

Untuk cara membuat motif, cara mendinginkan, dsb ada di step by step bolu gulung yg saya sudah pernah share disini.

Selamat mencoba :)

6 comments:

buncis said...

Mbak Ricke, kemaren aku nyobaij resep bolgul ekonomis ini, tapi kok pas digulungnya retak-retak gitu ya. Apa ya kira-kira sebabnya?kemaren aku nyobanya pagi digulungnya sore *ditinggalin nguli dulu soalnya..hihi

fanha_mommy said...

Salam kenal mba ricke, maaf ane mo izin nyontek resep2 kue yg keliataannya enak2 n bgs2 ini boleh g ya...? Ane berdomisili di sydney n br bljr yg namanya buat kue, n ada niat mo jualan kecil2an drmh. Thanks. Wassalam

Lina IbunyaAzRaf said...

hay mba, salam kenal...
Aku dah cobain, rasanya muantaappp... Aku pake selai nanas, jadi ada sensasi manis asem gitu deh... Tapi pas di buat motif eh motifnya tenggelam mba.. apa yang slh ya...??

Hanie F.Kusmana said...

Mba Ricke, sy sudah mencoba resepnya & berhasil :) hanya oven sy klo 200 derajat itu cepet banget menjadi kecoklatan cake bag atasnya tp dlmnya msh blom matang, mgkin tiap oven berbeda ya panasnya? :) jd sy turunin ke suhu lbh rendah. skali lg makasih sdh share resep & jg step2nya. Sy fans berat blognya mba ;-) sukses terus ya mbaa...salam hangat! :D

soraya said...

Hai mba Ricke, blognya keren abis,,, mba sy baca di step by stepnya, adonan bolgul ini menggunakan air yah? Pengen coba mba tapi rada bingung, mohon penjelasannya yah,,,, ;) sukses utk usahanya mba ;)

Unknown said...

Assalamualaikum mba ricke, salam kenal..
saya suka resep yg ekonomis ini sekali bikin alhamdulilah berhasil. resep nya enak dan ga pake banyak telor (ingat kolesterol) hihihi... thank you udah share resep2 nya minta ijin untuk copy2 resep lain ya. alhamdulilah suami dan tetangga pada doyan kalo ak bikin ini. terima kasih

Post a Comment