Wednesday, January 19, 2011

PRUNES BROWNIES



Selesai bikin pesanan hari ini, pengen makan brownies, udah lama kayaknya gak makan brownies buatan sendiri, kemarin ini sempat bikin brownies potong untuk pesanan. Jadi kepengen deh makan brownies.

Punya stok buah prunes. Akhirnya punya ide browniesnya dipakein buah prunes, jadi deh Prunes Brownies ^__^
Browniesnya legit dan moist seperti biasa, nyoklat udah pasti donk, ditambah sensasi harum dan manis asem dari buah prunes, hmmmmm.... Enakkkkk.... Swear deh! ^__^v

Suka banget lihat lapisan atasnya yang retak-retak, so sexy! Menggugah selera untuk segera menyantapnya. Hasilnya, brownies pun hangat-hangat udah dipotong, heheheee... Gak sabar nunggu dingin :D
So, tadi sore setelah nyiram bunga di halaman rumah, berdua Nadh maem brownies di teras rumah. Bunda minumnya lemon tea, sedangkan Nadh juice melon kesukaannya ^__^

Bagi teman-teman yang belum tau buah prunes (tadi banyak yang tanya). Buah prunes itu adalah sejenis manisan seperti kismis tapi ukurannya jauh lebih besar dari kismis, terbuat dari buah plum yang dikeringkan (dried plum). Yang digunakan adalah pitted prunes (prunes tanpa biji).
Klo suka lihat atau pernah makan lapis legit yang di tiap lapisannya juga di permukaannya ada buah berwarna hitam yang ditata, itulah buah prunes. Juga sering dipakai pada lapis surabaya special prunes.
Contoh fotonya bisa dilihat disini.

Buat yang mau nyobain bikin, ini resepnya:



Prunes Brownies
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
100 gram terigu protein sedang/all purpose
20 gram coklat bubuk (aku pakai Tulip Bordeaux)
1/2 sdt baking powder
3 butir telur ukuran besar
150 gram gula pasir butiran halus (gula kastor)
1/4 sdt garam
1 sdt essence vanilla
200 gram dark cooking chocolate, cincang kecil-kecil
200 gram mentega tawar (unsalted butter), klo mau pake margarin boleh aja agak sedikit beda di rasanya aja, rekomendasiku margarin merk Margarita
Manisan buah prunes secukupnya

Cara membuat:
1. Siapkan loyang persegi ukuran 20x20x4 cm, oles mentega, lapisi dengan kertas roti (lebihkan sekitar 1 cm dari tinggi loyang untuk mengeluarkan brownies). Oles lagi dengan mentega. Sisihkan. Panaskan oven 180'C atau sesuaian dengan oven masing-masing.
2. Lelehkan mentega, masukkan coklat cincang. Aduk rata hingga tercampur rata dan coklat meleleh. ANgkat. Dinginkan. Sisihkan.
3. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk dan baking powder. Sisihkan.
4. Kocok telur, gula pasir dan garam cukup hingga telur mengembang dan gula larut. Tidak perlu sampai kental kayak mau bikin cake.
5. Masukkan campuran mentega dan coklat ke dalam kocokan telur, sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mixer kecepatan rendah hingga rata.
6. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit. Aduk rata.
7. Tuang 1/2 bagian adonan ke loyang, tata buah prunes. Tuang kembali sisa adonan, tata kembali buah prunes di permukaannya.
8. Panggang hingga matang, permukaan brownies sudah kering, ditest tusuk sudah bersih dan disentuh bagian tengahnya sudah kokoh jadi tidak amblas bagian tengahnya ketika keluar oven.
9. Keluarkan dari oven, biarkan dalam loyang selama 15-30 menit. Keluarkan dari loyang dengan cara mengangkat kertas rotinya perlahan. Dinginkan di atas rak kawat. Potong-potong. Sajikan.

Happy baking! ^__^

Note: Ini aku tadi pakai loyang brownies ukuran 30x10x4 cm (loyang perseginya udah kotor semua bekas bikin pesanan cake potong, heheee...), jadinya adonan berlebih dan aku tuang ke cetakan cupcake. Tapi gak sempat difoto udah keburu disita sama nenk Nadh, hihihihiiiii....
Trus itu yang putih2 di atasnya aku dusting pake gula halus untuk kepentingan fotografi (halah! gaya benerrrr... padahal fotonya jelek gitu, heheheee...)

No comments:

Post a Comment