Wednesday, September 8, 2010

MIE TITI 'DADAKAN'



Dinamakan mie titi dadakan soalnya memang bikinnya ga direncanakan. Tiba-tiba suami pulang kantor sore request mie titi, padahal persediaan sayur di kulkas ga lengkap, hasilnya ga ada sawi hijau atau putih, ga ada bakso sapi ataupun bakso ikan. Pokoknya seadanya aja deh, hihihiiii...

Introducing mie titi buat yang baru dengar. Mie titi ini adalah salah satu makanan khas Makassar, yaitu mie kering yang disiram sayuran berkuah kental. Mirip dengan ifumie atau tamie. Aslinya mie titi ini menggunakan mie khusus yang bentuknya kecil-kecil dan lurus alias mie rebonding, hehehee... Tapi karena di rumah adanya cuma mie telor biasa, ya sudah pakai yang ada saja deh.

Hasilnya, sluuurrrrpppp... Suamiku sampe nambah 2x lho, seger banget deh. Mienya kriuk kriuk dipadukan dengan kuah sayuran yang gurih, yummy... Bikinnya juga ga susah kok, hampir sama kayak bikin capcay gitu deh.
Yang mau nyobain ini resepnya ala diriku yaaa... Klo agak beda dengan yang aslinya harap maklum saja ya secara diriku ini bukan orang Makassar ji, hehehee... ;)

Bahan:
250 gram mie telor (1 bungkus)
Air untuk merebus mie
1 sdm minyak goreng (supaya mie tidak lengket)
1/4 sdt garam

Bahan kuah sayuran:
Dada ayam fillet secukupnya
Udang secukupnya, sisihkan kulit dan kepalanya
800 ml air
1/2 sdt garam
1 buah sosis, iris bulat (aslinya pake bakso sapi dan bakso ikan, tapi lagi ga ada di rumah)
10 buah jamur merang, masing-masing belah 4 bagian
1 buah wortel ukuran besar, dipotong menyerong
3 lembar daun kol, potong-potong (lebih lengkap pakai sawi hijau dan sawi putih)
Kembang kol secukupnya
2 batang daun bawang, iris-iris panjang 2 cm
1 batang seledri, iris-iris
3 siung bawang putih, geprek dan cincang
1 sdm saus tiram
1 sdt kecap ikan
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 1 sdm air
1 butir telur, dikocok lepas
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Pelengkap:
Saus sambal botolan
Jeruk nipis
Bawang goreng

Cara membuat:
1. Didihkan air secukupnya beri minyak goreng dan garam, rebus mie sampai matang tapi jangan sampai terlalu lunak. Angkat. Siram dengan air dingin. Tiriskan.
2. Rebus daging ayam bersama kepala udang yang sudah dibersihkan kotorannya. Beri garam. Masak hingga ayam matang. Angkat ayam, potong-potong dadu. Sisihkan. Buang kepala udang, saring air kaldunya. Sisihkan.
3. Panaskan minyak goreng yang banyak, goreng mie yang sudah ditiriskan dalam minyak dengan memakai saringan minyak (agar mie lebih mudah diangkat). Goreng hingga mie benar-benar kering. Angkat. Tiriskan. Sisihkan.
4. Panaskan minyak untuk menumis, masukkan bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna. Masukkan ayam, sosis dan jamur merang. Masak hingga jamur agak layu. Masukkan wortel dan kembang kol. Aduk rata. Masukkan saus tiram, kecap ikan, garam, kaldu bubuk, merica bubuk dan gula pasir. Aduk rata. Tuang air kaldu. Didihkan.
5. Masukkan daun kol, masak sebentar sampai agak layu. Masukkan larutan maizena. Aduk rata sampai mengental.
6. Masukkan telur kocok sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga terlihat telur berserabut dalam kuah dan matang. Menjelang diangkat masukkan daun bawang dan seledri.
7. Cicipi rasanya. Matikan api.

Penyelesaian:
Tata mie kering dalam piring saji. Siram kuah sayuran ke atas mie. Sajikan dengan bahan pelengkap. Nikmati selagi panas. Sluuurrrpppp.... ;)

Selamat mencoba! ^_^

No comments:

Post a Comment