Wednesday, September 8, 2010

BOLU PELANGI KUKUS



Sudah lama juga kayaknya ga bikin 'cake', di kulkas masih ada putih telur sisa bikin tester kue kering beberapa hari yang lalu. Kebetulan juga Nadhifa minta cemilan kue. Ya sudah, dibikin bolu kukus pelangi ini saja. Resepnya saya adaptasi dari Buku Primarasa, Seri Dapur Nusantara 'Serba Manis dari Terigu'. Tapi karena ternyata putih telur yang saya punya kurang, harus mecahin 3 butir telur lagi deh. Tapi tetep ga mau ada telur nyisa lagi, ya udah kuning telurnya dipakai juga, hehehee... Di resep asli hanya putih telur saja. Dan di resep asli juga hanya pakai pewarna saja, tapi saya pakai pasta biar ada aromanya, hehehee...

Bahan:
200 ml santan kental
1/2 sdt pasta pandan
1/2 sdt pasta cocopandan/strawberry
250 ml putih telur
1/2 sdt garam
200 gram gula pasir
3 buah kuning telur, kocok lepas
1/4 sdt vanili bubuk
150 gram terigu
1 lembar daun pandan, sobek-sobek

Cara membuat:
1. Panaskan santan dan daun pandan. Aduk-aduk hingga mendidih. Matikan api. Dinginkan dan buang daun pandannya.
2. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang dan berbusa. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga kaku soft peak. Masukkan kuning telur sedikit demi sedikit sambil dikocok perlahan. Masukkan vanili bubuk. Kocok rata sebentar.
3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan santan. Aduk rata setiap penambahan cukup diaduk perlahan dengan menggunakan spatula karet saja. Jangan pakai mixer nanti adonan telur akan turun dengan suksesnya!
4. Bagi 3 adonan. Satu bagian ditambahkan pasta pandan, satu bagian lagi ditambahkan pasta cocopandan/strawberry, satu bagian lagi biarkan putih.
5. Siapkan loyang ukuran 18x18 cm. Olesi minyak, alasi dengan plastik/kertas roti. Tuang 1/2 adonan hijau, kukus selama 3-4 menit. Tuang 1/2 adonan merah, kukus selama 3-4 menit. Tuang 1/2 adonan putih, kukus selama 3-4 menit. Terus bergantian sampai habis. Terakhir kukus selama 20 menit.

*Bila bolu sudah disimpan, dingin dan ingin fresh lagi, bisa dikukus kembali selama 5 menit.

No comments:

Post a Comment