Thursday, June 25, 2009

GATEAU AFRICAIN a.k.a BIRTHDAY CAKE FOR ABI



Selasa, 9 Juni 2009
Berhubung Abi (suamiku tercinta) hari ini milad, pengen juga bikinin dia birthday cake. Pengen yg simple aja, secara ini kaki udah gak bisa diajak kompromi (sering keram). Si perut juga udah tegang banget, hufff… Smangattt!!! ^_^/

Di rumah masih ada 1 kaleng mandarin orange dan whipping cream. Ada DCC juga. Kemarin sempat browsing dan ketemu resep Gateau Africain di blognya Mba Riana (source: Majalah Santap). Ya udah, akhirnya bikin deh special buat Abi. Walaupun dg dekor yg minimalis banget, heheee…

Untuk vla vanilla-nya aku pakai resep dari Dapur Bunda, soalnya gak banyak telur:) Tinggal ditambahin potongan mardarin orange kalengan aja. Truz, buat simple syrup-nya aku gak pakai rhum, tapi ditambah essence vanilla.

Bahan sponge cake:
- 100 gr tepung terigu protein sedang, ayak
- 30 tepung maizena
- 30 g coklat bubuk
- 20 gram susu bubuk (aslinya gak pakai)
- 8 kuning telur
- 5 putih telur
- 1 sdm emulsifier (aslinya gak pakai)
- 175 g gula bubuk
- 75 g mentega tawar, lelehkan
- 1 sdt pasta black forest (aslinya gak pakai)

Simple syrup:
- 100 g gula pasir halus
- 80 ml air
- ¼ sdt essence vanilla

Vla vanilla:
- 180 ml susu kental manis
- 200 ml air
- 4 sdm tepung maizena (larutkan dg 4 sdm air)
- 2 butir kuning telur
- 1 sdt essence vanilla

Garnish:
Coklat bubuk

Cara membuat:
- Olesi loyang 22 cm dengan mentega (aku pakai loyang hati). Lapisi dasar loyang dengan kertas roti. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius.
- Ayak terigu, maizena dan coklat bubuk sebanyak 2 kali. Sisihkan. Dengan mikser berkecepatan tinggi, kocok semua telur hingga mengembang.
- Bertahap, masukkan gula sambil terus dikocok hingga mengembang dan kental (jika adonan dijatuhkan dari spatula, akan membentuk pita yang membekas di atas adonan dan lama hilangnya).
- Ayak campuran terigu ke dalamnya, aduk balik dengan spatula. Terakhir masukkan sedikit adonan tepung ke dalam mentega cair untuk mengentalkan, aduk balik sampai rata. Kemudian balik masukkan adonan mentega dalam beberapa tahap ke dalam adonan tepung. Aduk balik hingga rata.
- Tuang adonan ke dalam loyang, panggang hingga matang. Keluarkan dan taruh loyang di atas rak kawat. Setelah 5 menit, keluarkan cake, buang kertas roti. Dinginkan di atas rak kawat.
- Setelah dingin, belah cake menjadi 3 bagian.
- Simple Sirup:
Campur gula dan air, rebus sampai gula larut (tidak perlu mendidih). Setelah dingin, masukkan essence vanilla.
- Vla:
Kocok lepas telur, maizena dan 4 sdm air. Sisihkan. Rebus susu kental manis, air dan gula, aduk hingga mendidih. Angkat, tuang sebagian susu panas ke dalam campuran telur, aduk cepat (dipancing). Tuang kembali telur ke dalam susu panas, aduk. Rebus kembali, sambil diaduk-aduk hingga mengental. Angkat dan setelah setengan dingin (vla tidak beruap), masukkan essence vanilla dan jeruk, aduk rata.
- Penyelesaian:
Hangat-hangat tuang 1/2 bagian vla ke atas cake di dalam loyang. Ratakan dengan cepat sebelum vla mengeras. Tutup dengan lapisan cake bagian tengah, basahi dengan sirup, ratakan sisa vla. Terakhir tutup dengan lapisan cake terakhir. tekan-tekan sedikit untuk meratakan.
- Taburi atasnya dengan coklat bubuk atau hias sesuai selera.



Ini cakenya setelah dihias, minimalis banget kan:)
Gak pakai tulisan Happy Birthday segala. Selesai dihias, ucapin Met Milad ke Abi truz langsung dipotong deh! ^_^

No comments:

Post a Comment